Artikel · Komputer · Teknologi

Pengertian Teknologi Informasi Tujuan dan Manfaatnya Bagi Manusia

Teknologi Informasi, Pengertian,Tujuan dan Manfaatnya Bagi Manusia

A. Abstrak

Manusia dalam perkembanganya selalu menemukan hal hal dan inovasi baru. seiring dengan munculnya kreativitas dan ide ide yang ada di dalam kepala. dan secara garis besar. peradaban manusia semakin lama memasuki era yang semakin modern. dan salah satu inovasi manusia yaitu Teknologi Informasi. Tapi apa yang di maksud teknologi Informasi? Berikut admin akan memberikan uraiannya

Pengertian Teknologi Informasi Tujuan dan Manfaatnya Bagi Manusia

1. Pengertian Teknologi  Informasi

Menurut wikipedia :Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. 

Sedangkan Menurut Admin Teknologi Informasi Diciptakan untuk memudahkan umat manusia, dalam melaksanakan pekerjaannya sehari hari dan memiliki manfaat yang luas dalam berbagai bidang kehidupan. 

Namun Ternyata Para Ahli Juga Memberikan Pendapat tentang teknologi Informasi. Seperti:

  • Haag dan Keen (1996): Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  • Oxford English Dictonary (OED): Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.
  • Williams dan Sawyer (2003): Menurut williams dan sawyer, bahwa pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
  • Martin (1999): Menurut martin bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencaku teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.
 Disini kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Teknologi Informasi adalah Seperangkat Alat yang Menggabungkan Komputer dengan jaringan internet untuk memproses data dan informasi yang berguna untuk membantu pekerjaan sehari hari.

Teknologi Informasi tak terbatas hanya membahas komputer. namun teknologi informasi mencangkup seluruh aspek yang berkaitan dengan Teknologi  dan Informasi seperti contohnya: Radio,TV, HT, dan Handphone Tentunya. Juga berkaitan tentang Berita,Kabar,Pengumuman, dan Informasi tentunya.


2. Tujuan Teknologi Informasi

Teknologi Informasi, Pengertian,Tujuan dan Manfaatnya Bagi Manusia

Tujuan dari Teknologi informasi itu sendiri yaitu Pemanfaatan Teknologi untuk Membuat Inovasi atau Gagasan Baru dan Menyebarluaskan Informasi Dengan Cepat dan Merata. dan tujuan lain dari teknologi informasi yaitu:

– Menggunakan Kemajuan Teknologi untuk Membuat Sebuah Informasi atau Inovasi
– Memproses Informasi dan Inovasi Tersebut Secara Spesifik 
– Menyebarluaskan Informasi dan Inovasi tersebut Secara Cepat
– Menyimpan Informasi atau Inovasi Tersebut. 
– Meningkatkan Komunikasi antar Individu atau Kelompok yang berbeda wilayah
Tak lupa pula peran internet sangat di butuhkan dalam penyebarluasan informasi. agar dunia bisa segera melihatnya. sehingga memudahkan kita dalam berkegiatan sehari-hari. seperti untuk menyelesaikan pekerjaan atau untuk bersilaturahmi dengan keluarga yang jauh.
 Apalagi di Indonesia yang memiliki wilayah yang “disatukan” oleh Perairan. akan sangat membantu bila Teknologi Ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

3. Manfaat Teknologi Informasi Bagi Manusia Khususnya Indonesia

Teknologi Informasi, Pengertian,Tujuan dan Manfaatnya Bagi Manusia
Teknoogi Informasi Memiliki banyak faedah atau manfaat yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. namun diperlukan Pengethauan untuk Membuat Inovasi dan Menjalankannya. Berikut beberapa manfaat Teknologi Informasi yang bisa kita rasakan secara garis besar:

– Memudahkan kita dalam memperoleh informasi serta melakukan komunikasi,
– Adanya peningkatan kualitas pelayanan publik (Seperti E-KTP E-SAMSAT dll.)
– Terciptanya e-Learning sebagai Inovasi dalam bidang Pendidikan (seperti Digital Library)
– Terciptanya lapangan pekerjaan baru seperti, (Internet Security,IT Administrator,Software Develover)

– Terbukanya peluang bisnis yang baru, (seperti Online Shop dan GO-Jek)
–  Dapat kita gunakan untuk memperkaya ilmu dan pengetahuan.
Dan Berikut Secara Spesifik :


    A. Bidang E-Commere atau Online Shopping
      – Bagi perusahaan, mereka tidak perlu membuka cabang distribusi yang terlalu banyak,
      – Bagi konsumen, mereka dapat membeli barang yang dibutuhkan secara luas dan dengan pilihan yang beragam,
      – Menghemat waktu dan biaya transportasi karena tidak perlu mendatangi toko secara langsung,
      – Harga barang biasanya relatif lebih murah dari pada di toko dalam kasus-kasus tertentu.
    B.Bidang Pendidikan
     – Dengan adanya sistem Kurtilas Peserta didik dituntut untuk kreatif dalam mencari informasi              lewat internet
      – Bagi peserta didik, mereka tidak akan ketinggalan informasi mengenai beberapa ilmu dan                   pengetahuan penting yang bersangkutan dengan pelajaran sekolah, misalnya tentang sejarah               suatu negara, budaya dan lain sebagainya.
      – Tersedianya E-library dan E-Book yang akan membantu mereka dalam mengurangi biaya                   penyediaan buku di perpustakaan, dan lain sebagainya.
      – Sumber pengetahuan yang dicari dapat diakses dengan mudah, 
      – Bagi penyelenggara pendidikan, setidaknya akan mempermudah dalam menyampaikan materi            pembelajaran kepada peserta didiknnya,
    C. Bidang Sosial

    – Menjadi Sarana Kampanye & Iklan
       Dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan internet menjadikan internet sebagai salah satu media yang efektif dalam meningkatkan pemahaman, kesadaran dan ajakan kepada  masyarakat luas mengenai isu-isu penting misalnya melalui kampanye pola hidup sehat, menjaga kelestarian hutan bakau, peduli penderita AIDS, dan lain sebagainya.
    –  Membantu Memudahkan Kegiatan Sosial
Internet banyak membantu kegiatan sosial seperti pengumpulan dana, aksi sosial, pemberian bantuan hukum, dan lain sebagainya. Sifat internet yang global dan terbuka sangat memudahkan siapa saja terlibat dalam aktivitas sosial secara sukarela.

    – Menjadi Media Komunikasi bagi Komunitas
      Kemudahan berkomunikasi dan berbagi informasi melalui internet banyak dimanfaatkan oleh     komunitas masyarakat untuk berkumpul secara online. Komunitas masyarakat kini tidak lagi dibatasi  oleh wilayah atau negara. Hal ini sangat bermanfaat dalam membangun komunitas yang lebih berdaya guna..   
Demikian Artikel Admin King Tech Tentang Pengertian Teknologi Informasi Tujuan dan Manfaatnya Bagi Manusia . Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave a comment