Artikel · Teknologi

Apa itu Internet? Pengertian Internet Beserta Penjelasannya

Apa itu Internet? Berikut Penjelasannya.

Apa itu Internet? Pengertian Internet Beserta Penjelasannya
Apa itu Internet? Pengertian Internet Beserta Penjelasannya. Pada dasarnya,Internet kependekan dari (interconnected-networking)  yang artinya rangkaian komputer yang terhubung di di dalam sebuah jaringan.  Namun menurut istilah. Internet adalah jaringan besar yang saling menghubungkan jaringan-jaringan komputer serta orang-orang diseluruh dunia,melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. 

Internet dibentuk oleh milyaran komputer dan server yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan untuk menyebarluaskan informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama-sama

Jaringan ini tentunya di dukung oleh Server server besar di seluruh dunia. sebut saja server google. yang memiliki kapasitas lebih dari 100.000 server dan jaringan server google ini terkoneksi melalui satelit atau bahkan kabel internet bawah laut ke seluruh dunia.

Selain itu internet juga disusun berdasarkan situs web yang menyajikan informasi yang bermanfaat atau informasi yang kita inginkan. hanya saja, ada aturan aturan khusus untuk membuat sebuah web atau server bila ingin terkoneksi ke internet. oleh karena itu admin juga akan membahas komponen penyusun internet.

Dan sekarang, Akibat dari ditemukannya internet sekarang seluruh dunia dapat saling berkomunikasi dengan mudah. hanya dengan memiliki perangkat komputer/android di rumah,maka kita dapat mengakses apa saja yang kita inginkan. Lalu…


Baca Juga : Pengertian Teknologi Informasi Tujuan dan Manfaatnya Bagi Manusia

Apa saja Komponen Penyusun Internet?


1. ISP atau (Internet Service Provider)

1. ISP atau (Internet Service Provider)


Internet Service Provider adalah Perusahaan yang menyediakan jasa layanan koneksi di Internet. Dengan memanfaatkan jasa ISP, kita dapat mengakses Internet dari rumah,sekolah,ruang publik, cafe, dengan membayar dalam jumlah tertentu, atau bahkan gratis (Free Hot Spot) catatan: Penyedia hotspot tetap menggunakan jasa ISP seperti IndiHome atau Speedy atau wifi.id



2. WWW
WWW


WWW  merupakan singkatan dari World Wide Web yaitu kumpulan server web dari seluruh dunia yang saling terkoneksi dan mempunyai kegunaan untuk menyediakan data atau informasi untuk dapat digunakan bersama. oleh orang orang di seluruh dunia.

3. HTML,HTTP dan URL 
HTML,HTTP,URL

Seluruh website di dunia pada dasarnya di buat menggunakan Bahasa Pemrograman HTML. hal ini  berguna untuk Menjembtani antara User dan Mesin/Komputer.  HTML bertugas untuk memerintahkan mesin pencari/web browser untuk menampilkan text/gambar dalam sebuah web tertentu saat seorang user ingin melihat web itu. 
selain itu HTML berfungsi mengikat alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen yang biasanya ber-format .htm atau .html. lalu Untuk mengirimkan file tersebut, diperlukan peran dari protokol pengiriman data khusus yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) . Selain itu, untuk menemukan setiap hubungan hypertext diperlukanlah Uniform Resource Locator (URL).


4. TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
TCP/IP

TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang artinya menjadi Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet.  merupakan sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju.
Bisa dibilang TCP/IP ini merupakan alamat dari komputer/perangkat kita saat sedang terhubung ke internet. tanpa adanya TCP/IP ini  kita tidak dapat menerima data apapun karena kita tidak memiliki alamat untuk dituju. :v

5. E-mail (electronic mail)
GMAIL

E-mail sendiri sebenarnya sudah ada sebelum WWW. namun karena  peranannya yang luas, dan dapat mempermudah dalam segala kepentingan,seperti bisnis,fax, maupun pengiriman data maka email juga termasuk dalam kategori Manfaat dari penggunaan internet.
Sebenarnya email atau surat elektronik bermula tahun 1971, saat seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam program yang disebut SNDMSG.  Dia terus bereksperiment hingga dengan SNDMSG tersebut dapat mengirim sebuah pesan kepada komputer lain dengan menggunakan File Protokol bernama CYPNEY didalam jaringan ARPANET.
 Itulah awal mula diciptakanya email. dan Pada tahun 1972, ray memperkenalkan sebuah icon “@” sebagai sebuah identitas email yang memisahkan user dan domain pada sebuah alamat email..

Lalu Bagaimana Caranya Menggunakan Internet(Untuk  Pemula) ?

 

 1. Browsing Menggunakan Browser
  Saat Ini telah banyak browser yang dibuat untuk memudahkan user menemukan data yang mereka inginkan. kita bisa menggunakan salah satu browser ini untuk mencari data dengan keyword atau kata kunci tertentu
Beberapa browser yang dapat kita gunakan seperti:
-Google Chrome
-Moila Firefox
-Baidu Browser
-Opera Browser
-UC Browser
2. Menggunakan Social Media
Social Media sangat bermanfaat untuk mengenalkan diri kita pada orang lain. atau untuk berkomunikasi dengan sesama teman bahkan berkomunikasi dengan orang dari luar negeri. caranya cukup mendaftar salah satu aplikasi ini:
-Facebook
-Twitter
-Path
-Instagram
3. Belajar
Internet menjadi tempat yang tepat untuk belajar. karena terdapat banyak sumber ilmu pengetahuan berasal dari internet yang di posting oleh orang orang pintar yang pintar seperti guru, sajrana,atau mungkin seorang profesor. 
Di internet juga terdapat banyak situs penyedia kursus online Gratis bahkan hingga mendapat sertifikat.namun ada beberapa syarat yang harus di penuhi seperti “harus mengikuti test dengan kelulusan 80%” . Seperti Admin yang memiliki sertifikat SEO & SEM karena ikut kursus online dan lolos tes.
Demikian Artikel kingtech kali ini tentang Apa itu Internet? Pengertian Internet Beserta Penjelasannya.Semoga Dapat Bermanfaat

Leave a comment