Artikel · Komputer · Teknologi

Tingkatan Hacker Dalam Dunia Cyber

Tingkatan Hacker Dalam Dunia Cyber

Tingkatan Seorang Hacker Dalam Dunia Cyber

 Tingkatan Hacker Dalam Dunia Cyber. Taukah anda bahwa  dalam dunia Hacker  terdapat beberapa tingkatan tingkatan. tingkatan tingkatan ini tentu saja di ukur berdasarkan kemampuan dan keahlian yang seseorang miliki, dan tidak membeda bedakan penampilan karena yang terpenting dalam dunia cyber adalah ilmu dan kemampuan yang mereka miliki.


Misalnya mereka yang hanya bisa menggunakan tools atau Software exploit milik orang lain tingkatannya lebih rendah dibanding mereka yang bisa membuat tools atau software  serta dapat mengoprasikannya secara ahli.


Oleh karena itu admin akan mengulas beberapa tingkatan hacker dalam dunia cyber diantaranya:

1. Lammer

Lammer merupakan tingkatan hacker yang paling dasar. mereka tidak mengetahui ilmu tentang jaringan dan bahasa pemrograman. meskipun begitu, seorang lammer mampu menggunakan tools atau software untuk menjebol suatu sistem jaringan. namun tentu saja software tersebut buatan orang lain. seorang Lammer hanya bisa mengoprasikan software atau tools  tanpa tau “Jeroannya” dan fungsi sebenarnya untuk apa.



2. Script Kiddiest

Mereka yang di sebut Script Kiddiest  sedikit mengerti tentang ilmu jaringan dan Pemrograman. meskipun masih menggunakan tools  atau software milik orang lain, namun sudah bisa menghargai tools tersebut milik orang lain dan faham tentang “jeroannya”.  mereka juga dapat membuat virus yang source code-nya berasal dari orang lain atau menggunakan generator virus milik orang lain. 

3. Cracker

Mereka adalah orang yang faham ilmu tentang Pemrograman,Jaringan IT, tetapi digunakan untuk kepentingan mereka sendiri. seorang cracker mampu mencari celah kemanan dari sebuah sistem dan menjebolnya. 
 Kebanyakan Pekerjaan mereka adalah menjebol suatu sistem atau server, kemudian menjual datanya ke seseorang atau perushaaan yang membutuhkan data tersebut. atau mungkin hanya mencari ketenaran dan kepuasan diri karena berhasil menjebol atau meretas suatu sistem 

4. Hacker

Seorang Hacker sangat mengerti soal Ilmu jaringan,pemrograman, komputer dan IT. dan mereka menggunakan ilmu tersebut untuk membangun suatu sistem jaringan yang lebih baik, atau isitilahnya mengembangkan jaringan yang sudah ada agar lebih baik. selain mengembangkan hacker juga lah yang merawat sistem atau jaringan tadi.
Disini terdapat kesalahpahaman dan konotasi negatif terhadap hacker. masyarakat menganggap bahwa hacker lah yang Menjebol suatu sistem atau jaringan. padahal yang menjebol suatu sistem dan mengambil datanya ialah seorang Cracker atau tingkatan yang telah disebutkan diatas.

5. Elite Hacker

Elite hacker ialah orang orang yang menguasai ilmu tentang jaringan,pemrograman, teknologi dan komputer. tetapi mereka bukan orang yang mencari ketenaran seperti tingkatan yang lain. mereka malah berusaha bahwa kehadiran mereka tidak ada (anonymous=anonim). sebenarnya elite hacker ini memang ada, namun hanya beberapa orang atau komunitas saja yang mampu mencapai tingkatan elite hacker.
Meski sulit diketahui, para elite hacker bukan tipe orang yang pelit terhadap ilmu, hal itu dilakukan agar ilmu tidak di gunakan ke tangan yang salah seperti carder atau cracker. mereka juga adalah orang yang mampu mengendalikan keamanan jaringan cyber dalam skala internasional karena tujuan mereka sama seperti hacker yaitu membuat sistem keamanan yang lebih baik.
Sebenarnya di luar tingkatan tadi terdapat 2 golongan hacker namun mereka bisa masuk kedalam 2 tingkatan sekaligus. mulai dari Script kiddiest, dan Cracker. golongan tersebut adalah:


A. Carder

Carder ialah orang yang menggunakan Credit Card atau kartu kredit milik orang lain, untuk membeli barang yang ia butuhkan. yang mereka lakukan cukup dengan menjebol suatu database yang vulnerable(rentan) . dan mencari data transaksi menggunakan exploit.

Kebanyakan para script kiddiest dan cracker tidak mau disamakan dengan carder, namun sebenarnya ada sebagian mereka yang menggunakan ilmunya untuk carding dan membeli barang menggunakan kartu milik orang lain. namun di dalam sebuah forum atau grup mereka masing-masing tidak mengakui hal itu. kecuali grup yang memang khusus untuk para carder.


B. Defacer

Defacer adalah orang sekelompok orang yang mengubah halaman depan web/hompage sebuah web agar namanya atau nama kelompoknya muncul di web yang telah mereka ubah sehinga menjadi terkenal atau hanya mencari kesenangan.
Para defacer ada yang masuk golongan script kiddest atau cracker, tergantung dari ilmu yang mereka miliki. karena mengganti halaman depan (HomePage) sebuah website sebenarnya gampang-gampang susah. tergantung dari tingkat keamanan suatu website tersebut.
 
Bila website tersebut mudah di tembus maka para script kiddest dapat melakukan deface. namun bila halaman web tersebut dijaga ketat. maka para cracker yang turun tangan. 
Baiklah cukup sekian artikel tentang Tingkatan Hacker Dalam Dunia Cyber.  segala sesuatu yang saya tulis hanya bersifat INFORMATIF saja dan sekedar pengetahuan berdasarkan pengalaman saya sebagai orang IT.
Semoga Bermanfaat

Leave a comment